Kenapa malam tahun baru identik dengan kenakalan remaja?

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Lohaaa....
Di penghujung malam ini saya tiba-tiba dapat inspirasi oleh berbagai komentar dan postingan di beranda FB saya,isinya antara lain pertanyaan-pertanyaan seperti " Kenapa malam tahun baru identik dengan pesta mabuk-mabukan,balapan liar,dsb?",sindiran berupa meme tentang malam tahun baru,dan lain sebagainya...

Nah,untuk menjawab keresahan beberapa penduduk indonesia saya akan menjelaskan kenapa malam tahun baru sering dikaitkan/identik dengan kenakalan remaja ?

Sebelum lanjut, teman-teman sekalian sudah tahu kan apa itu kenakalan remaja? Kenakalan remaja umumnya bersifat destruktif,menyebabkan candu/berulang,diluar nalar hingga meresahkan. Bentuk kenakalan remaja ada berbagai macam,di sekolah misalnya. Seperti siswa yang membolos, datang terlambat tanpa alasan yang jelas, tawuran antarpelajar,dan lainnya...


Kenakalan remaja dapat terjadi apabila ada peluang yang dapat digunakan oleh seorang remaja untuk melakukan suatu hal yang diinginkannya. Ada banyak faktor yang menjadi "kunci" peluang untuk aksi yang akan dilakukannya seperti kurangnya pengawasan, kesempatan untuk mendapatkan barang dengan instan,dll.

Pada saat perayaan pergantian tahun/tahun baru,orang-orang pada umumnya akan merayakan dengan mengadakan pesta bakar jagung,bakar ikan,dll. Sehingga,mereka terlalu asik dengan pesta tersebut dan melalaikakan tugasnya untus selalu mengawasi keluarga maupun kerabatnya. Di sisi lain, remaja yang tidak ikut merayakan pesta tersebut mungkin saja karena memang tidak mau berkumpul atau ingin melakukan hal lain untuk menghibur dirinya,salah satunya seks bebas.

Dapat kita saksikan begitu maraknya penjualan alat kontrasepsi yang terjual dengan begitu cepat pada saat perayaan tahun baru sedang berlangsung,tak hanya orang dewasa yang sudah berkeluarga saja yang membeli tapi juga beberapa remaja yang mungkin masih di bawah umur untuk menggunakannya.

Di indonesia sendiri, kenakalan remaja telah menjadi permasalahan yang cukup serius mengingat banyaknya dampak buruk yang diakibatkannya. Banyak kasus yang melibatkan remaja sehingga harus ditangani oleh pihak berwajib,seperti pencurian, tawuran, pesta miras hingga pesta narkoba.

Faktor pendorong kenakalan remaja ada banyak sekali, salah satunya adalah hasrat untuk memenuhi keinginan secara maksimal. Meskipun begitu,kenakalan remaja bukanlah permasalahan yang cukup merepotkan apabila ditangani dengan serius,dengan pengawasan penuh dan pembinaan secara menyeluruh dan berlanjut maka sosok seorang remaja akan menjadi individu yang baik di mata masyarakat.

Perkembangan teknologi dan informatika seharusnya dapat kita manfaatkan untuk terus mengawasi perilaku anak remaja dan mencari tahu informasi mengenai kebiasaan buruk yang sedang trend di masyarakat. Anehnya,perkembangan teknologi dan informatika justru lebih banyak menimbulkan dampak negatif di masyarakat,umunnya dampak negatif ini ditimbulkan atas kelalaian penggunaan atau bisa saja dikarenakan penggunaan yang disalahgunakan untuk tujuan buruk seperti penipuan.

Untuk seluruh para pembaca,harap selalu jaga anak-anak remaja di sekitar anda,awasi dan bimbing terus mereka. Walaupun mereka hidup dengan kepribadian masing-masing,tapi tetap saja penyimpangan sosial hingga tindak kejahatan harus dihindari. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mengatasi dan mengantisipasinya,tinggal kita saja yang menentukan bagaimana harus menggiring mereka ke arah yang benar.

Penutup

Sudah cukup panjang sepertinya tulisan ini saya bagikan kepada teman-teman semua,semoga bermanfaat dan dapat membantu.
Sekian dari saya,wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

Comments

Post a Comment