Alasan mengapa virus korona tidak menyebar ke Indonesia


Wabah virus corona tidak menyebar di Indonesia
Sumber : pixabay.com

Virus Corona atau 2019-nCoV adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus Ini pertama kali ditemukan di Cina tepatnya di Kota Wuhan,para penderita virus ini mengalami berbagai gejala yang sangat sulit untuk dideteksi apakah ia terinfeksi atau tidak. Ada banyak spekulasi asal mula dari virus ini,mulai dari kebiasaan tidak sehat warga Cina yang memakan berbagais jenis binatang yang tak lazim untuk dimakan seperti tikus,ular hingga kelelawar.


Virus yang telah menyebar ke berbagai negara di dunia ini memanglah menakutkan,bahkan negara tetangga kita seperti Singapura,Thailand,Malaysia dan lainnya juga telah melaporkan kasus yang serupa.
Anehnya,Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang sangat banyak tidak mendapat laporan penyebaran virus tersebut,mengapa ?

Ada banyak spekulasi yang mencoba menjelaskan tentang hal ini,mereka beranggapan kalau negara Indonesia yang memiliki iklim tropis dan cenderung memiliki suhu udara yang sangat panas tidak memungkinkan bagi virus untuk bertahan hidup.
"Virus senang berkembang biak di suhu udara dingin dengan kelembapan rendah".
Ucap Erlina Burhan,Dokter Spesialis paru.

Ada pula yang mengatakan bahwa rakyat Indonesia memiliki kekebalan tubuh yang tinggi,entah karena faktor genetis atau hal lainnya. Bahkan virus mers tahun 2009 yang lalu,yang merupakan kerabat dari virus Corona tidak menginfeksi warga yang tinggal di Indonesia. Dokter Spesialis Paru RSPI Adria Rusli mengatakan, " Dari 2009 juga Mers CoV tidak ada di Indonesia.".

Sangat mengherankan bukan?


Memang mengherankan jika kita terus mempertanyakan hal ini,kita harus tetap waspada apabila virus ini telah memasuki Indonesia tanpa kita ketahui. Jadi sebagai seorang warga negara yang budiman,kita harus terus berjaga-jaga dan bersiap untuk menghadapi kondisi yang membahayakan.

Kita harus terus update mencari informasi terbaru dan fakta tersirat dalam kasus yang terjadi belakangan ini. Masih banyak kemungkinan yang mungkin di luar nalar pikiran kita yang menjadi jawaban atas wabah ini.

Referensi : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200214190848-255-474827/mengulik-alasan-virus-corona-belum-masuk-ke-indonesia

Comments